Rabu, 17 Januari 2018

Kolaborasi Kubro dan Dangdut Seni Rodat Bregodo Mudo

Seni Rodat merupakan kesenian tradisional yang melibatkan unsur musik dan tari-tarian. Alat-alat musik yang digunakan pada dasarnya hanya berupa Bedug, Bendhe, Gendang dan Seruling Bambu, namun dalam perkembangannya di tambah beberapa alat musik modern seperti Drum, Keyboard, bahkan Gitar ber efek. Hingga pada akhirnya mampu menciptakan semacam aliran musik baru yaitu Brodut yang merupakan hasil kolaborasi alat-alat musik tradisional dengan alat musik modern.
Bregodo Mudo berdiri pada tanggal 17 September 2016 yang beranggotakan anak-anak hingga orang tua. Dalam sejarah berdirinya group kesenian ini berawal dari para remaja Dusun Trolikan Desa Banyuadem Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang pada setiap memperingati HUT Kemerdekaan RI selalu mengadakan Seni Lutungan (Panjat Pinang yang diiringi tetabuhan). Melihat geliat dan semangat generasi muda maka dikembangkanlah menjadi Kesenian Rodat Kubro Siswo agar lebih terorganisir.
Agar lebih serius dalam ber kesenian, maka pada organisasi seni rodat ini mendaftarkan diri ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang dan telah mendapatkan piagam yang menandakan bahwa Seni Rodat Bregodo Mudo merupakan kesenian legal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar